Rabu, 01 Juli 2015

Yang Berbeda di X Factor Indonesia Jilid Dua



Bila dibanding dengan XFI sesi pertama, sesi ke dua ini terasa ada beberapa perbedaan, terutama pada komposisi peserta dimasing-masing kategori.

Kalau dahulu untuk kategori girls, terlihat perbedaan yang jelas type dan warna suaranya. Ada Shena yang beraliran jazz, Yohana yang punya power dan nada tinggi, Fatin yang berkarakter kuat dan unik.
Kategori boys, dulu ada Mika berkarakter, Dicky yang suara dan penampilannya unik, Gede bersuara lembut. Ditambah untuk group dulu ada NUDI gerombolan cowok-cowok keren idola remaja putri, para mahasiswi plus ibu muda.

Sementara di sesi ke dua ini kategori girls sepertinya memiliki karakter yang hampir sama, Ismi, Riska, Ajeng, yang mungkin agak berbeda adalah Clarisa. Begitu  pula untuk kategori boys juga terlihat hampir sama rata.

Yang mungkin ada variasianya hanya kategori over age, di sesi kedua ini ada Desy sama seperti Novita, Angela unik, Sule rocker berpengalaman. Hampir sama dengan sesi pertama dulu, ada Isa yang sangat atraktif, Agus suaranya laki banget, Alex bisa melengking tinggi, dan Novita paket komplet seorang diva.

Kelihatannya para juri lebih berhati-hati memilah dan memilih pesertanya, semacam tidak mau ambil resiko. Mereka mungkin tidak mau ambil resiko memasukkan peserta amatir semacam Fatin, penampilannya beresiko naik turun bahkan terjadi insiden lupa lirik segala.

Tapi bukankah ini XFactor yang mencari penyanyi dengan faktor x, kenapa mesti mengikuti standar ajang pencaria bakat lain. Kenapa mesti mencari peserta yang punya skill, atau punya pengalaman bernyanyi yang bagus. Kenapa tidak ditabrak saja aturan mainnya, mencari peserta dengan aneka karakter, aneka aliran musik, aneka gaya penyanyinya, dll.

Misalnya bisa saja seperti Boby Berliandika atau Julia Martinez dimasukkan, atau kalau perlu pada kategori girls dimasukkan peserta bergenre rock (kan jarang remaja putrid nge-rock). Orang mungkin malah bertambah penasaran dengan perkembangan atau perubahan mereka selama di galashow.

Toh pada akhirnya bukan hanya skill saja yang akan berbicara, tapi juga nasib, peruntungan, dan takdir (baca faktor x) turut menentukan peruntungan seseorang.      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar